Meningkatkan Kwalitas dan Produktivitas dengan Kontrol PLC

Untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas  pada Industri, maka diperlukan pengaturan proses kerja mesin-mesin industri, yang meliputi pengontrolan mesin-mesin industri dan pengawasan atas kerja mesin-mesin industri tersebut atau yang disebut dengan monitoring. Pada umumnya proses pengontrolan suatu sistem dibangun oleh sekelompok alat elektronik, yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas, akurasi, dan mencegah terjadinya transisi pada proses produksi.

Industri otomativ pada beberapa tahun yang lalu masih menggunakan papan elektronik sebagai sistem kontrol. Penggunaan papan elektronik ini membutuhkan banyak sekali interkoneksi di antara relay untuk membuat  sistem bisa bekerja. Dengan kata lain, untuk menghubungkan relay-relay tersebut dibutuhkan kabel yang sangat banyak. Jadi seorang ahli mesin harus membuat suatu rangkaian logika yang kemudian di implementasikan dalam bentuk relay. Relay yang dibutuhkan dalam perancangan tersebut berjumlah ratusan dan skema yang dibuat dinamakan Ladder Schematic.

Ladder Schematic menampilkan switch, sensor, motor, dan relay. Semua piranti elektronik tersebut dihubungkan menjadi satu. Salah satu masalah yang mungkin timbul adalah jika salah satu relay rusak maka secara otomatis proses produksi akan berhenti dan hanya akan dapat dijalankan lagi jika relay tersebut telah selesai diperbaiki. Hal ini akan menjadi sangat tidak efisien dalam  waktu produksi.

Terkait dengan masalah ini maka muncullah sebuah piranti elektronik yang  dapat mengatasi semua masalah tersebut, yaitu yang dinamakan dengan PLC (Programable Logic Controller). Hanya dengan mengeksekusi program yang tersimpan dalam memori, PLC dapat memonitor status dari suatu sistem berdasarkan sinyal input yang masuk pada PLC. Didalam suatu pengontrolan yang sangat kompleks dimungkinkan untuk menggunakan lebih dari satu PLC.

Saat ini, dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak muncul PLC dengan merk yang berbeda-beda, seperti Omron, Siemens, LG, Mitsubishi, National, Festo, Sigma, dan lain sebagainya. Karena adanya berbagai keuntungan pada PLC inilah maka semakin banyak industri yang saat ini menggunakan PLC sebagai pusat dari seluruh proses produksi mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ELAVATOR, ELEVATOR INDONESIA, SPARE PART ELEVATOR, KOMPONEN ELEVATOR, ELEVATOR DI JAKARTA, KOMPONEN ELEVATOR >> Elavator & Escalator Indonesia Tips | Elavator & Escalator Indonesia Guide!

I have a tip that includes detailed instructions on Elavator, escalator, elevator indonesia. Lots of Elavator, escalator, elevator Indonesia related tips and tricks here for free!

Perjalanan | Inspirasi | Motivasi

Jangan merusak apa yang telah Anda miliki dengan menginginkan apa yang tidak Anda miliki

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Programmable Logic Computer | Elevator | Escalator Tips & Guide!

Here's the complete page of Programmable Logic Computer. It features all Programmable Logic Computer questions and answers.

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: