PLC vs Mikrokontroler

PLC dan mikrokontroler keduanya adalah kontroler berbasis mikroprosesor. Keduanya memiliki arsitektur yang sama dengan arsitektur komputer, Perbedaanya terletak dalam cara pemrograman, dimana PLC menggunakan ladder dalam memprogramnya, sedangkan mikrokontroler memiliki lebih banyak cara pemrograman mulai dari Assembly, Basic, C.

Dari segi harga mikrokontroler memiliki harga yang jauh relatif murah sedangkan PLC harganya sangat tinggi. Dari segi penggunaan Mikrokontroler biasa digunakan dalam instrumen-instrumen elektronik yang memiliki sistem tidak terlalu besar, sedangkan PLC biasa digunakan di lingkungan industri karena kehandalannya dan kemudahan pengkabelannya. Namun ini tidak serta merta membuat mikrokontroler tidak bisa digunakan di industri, nyatanya jika anda memiliki pengetahuan yang cukup mahir dibidang elektronika dan programming embedded, anda akan bisa membuat sistem pengendali dan mereduksi penggunaan PLC dengan mikrokontroler. Hasilnya, tentu anda akan mendapatkan biaya yang relatif ekonomis. Pada jalan tengah, anda bisa mencampurkan kendali PLC dengan mikrokontroler pada suatu sistem di industri untuk mendapatkan hasil yang baik dan lebih ekonomis.

Jenis PLC

Ada banyak  merek PLC, sebagaimana mikrokontroler yang memiliki banyak merek mulai dari ATMEL, PIC, dan lain lain. PLC yang paling sering digunakan adalah merek Omron, Mitsubishi, Panasonic, Siemens, Schneider. Semuanya menggunakan ladder dalam pemrogramannya, namun ada beberapa konvensi berbeda yang perlu diperhatikan untuk masing – masing merek PLC.

Belajar PLC.

Belajar PLC lebih mudah ketimbang anda mempelajari mikrokontroler karena PLC menggunakan diagram ladder dalam pemrogramannya namun yang menjadi masalah adalah harga PLC yang mahal. Banyak lembaga kursus yang menawarkan pelatihan PLC, namun harganya sangat mahal, sehingga tidak semua beruntung untuk mencoba melakukan pemrograman dengan PLC langsung. Namun jangan khawatir, karena kini telah ada program-program simulator PLC yang bisa anda gunakan untuk belajar melakukan pemrograman PLC.

Semoga Bermanfaat!!

One Response to PLC vs Mikrokontroler

  1. aldrinjuliant says:

    bagus blognya mas, saya juga sedang belajar tentang plc dan mikro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ELAVATOR, ELEVATOR INDONESIA, SPARE PART ELEVATOR, KOMPONEN ELEVATOR, ELEVATOR DI JAKARTA, KOMPONEN ELEVATOR >> Elavator & Escalator Indonesia Tips | Elavator & Escalator Indonesia Guide!

I have a tip that includes detailed instructions on Elavator, escalator, elevator indonesia. Lots of Elavator, escalator, elevator Indonesia related tips and tricks here for free!

Perjalanan | Inspirasi | Motivasi

Jangan merusak apa yang telah Anda miliki dengan menginginkan apa yang tidak Anda miliki

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Programmable Logic Computer | Elevator | Escalator Tips & Guide!

Here's the complete page of Programmable Logic Computer. It features all Programmable Logic Computer questions and answers.

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: